//
you're reading...
BASABASI

PETERNAKAN AYAM

Di suatu peternakan ayam, didatangkan seekor ayam jago muda untuk menggantikan ayam jago tua. Ayam pejantan tua yang ada sebenarnya masih diandalkan, tetapi ayam pejantan muda itu dibeli untuk regenerasi.

Tentu saja pejantan tua ini tersinggung, dan tidak mau begitu saja digeser. Maka dia menantang pejantan muda untuk membuktikan siapa yang paling kuat dan hebat, dengan cara berlari sepuluh kali memutari pagar halaman peternakan.

Ayam jago muda yang merasa bangga dengan statusnya, berpikir dengan sombongnya bahwa dia dapat dengan mudah dapat mengalahkan ayam jago tua. Bahkan dia berkata,”Oke pak tua, kita bertanding! Bapak boleh berlari setengah putaran lebih dahulu.” Wah, si pejantan muda ngasih ‘voor’ ke yang tua.

Maka mereka mulai bertanding. Diiringi sorak-sorai ayam-ayam betina. Putaran ke-satu, jelas si Tua masih didepan. Putaran ke-dua, mulai sedikit terkejar. Putaran ke-empat, jaraknya makin kecil. Putaran ke-lima si Muda sudah tepat dibelakang si Tua. Sehingga kelihatannya mereka saling berkejaran.

Peternak ayam yang mendengar ribut-ribut di peternakannya, keluar membawa senapan, menduga mungkin ada maling atau binatang lain yang mengganggu. Dia melihat ayam pejantannya sedang kejar-kejaran, dan akhirnya dia mengangkat senapannya dan menembak mati pejantan muda.

Peternak pulang ke rumah sambil menggerutu, “Sialan, tiga kali beli pejantan muda, semuanya banci.”

—Noname—

Iklan

About fsolihin

Lahir di desa kecil pintu gerbang Madura mengalirkan semangat kuat untuk berusaha maju, berbekal sedikit pengalaman dirantau, memberanikan diri berbagi demi kemajuan tanah kelahiran. Saat ini menjadi salah satu tenaga pendidik di lingkungan Universitas Trunojoyo Madura demi merangkai asa dan cita untuk ikut serta dalam membangun bangsa

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: